KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Minat investor Jepang untuk berinvestasi properti di Indonesia semakin tinggi. Berkolaborasi dengan pengembang lokal jadi strategi mereka masuk ke dalam negeri.

Salah satunya adalah Creed Group. Pengembang asal Negeri Sakura ini bekerjasama dengan Mustika Land Group untuk mengembangkan kawasan hunian terpadu yang terletak di wilayah Sukamulya, Kecamatan Sukatani, Bekasi. PT Eka Surya Mustika, anak usaha Mustika Land Group dan Creed Group telah menggelar penandatanganan kerjasama atau Joint Venture Signing pada Sabtu (31/8).

Mustika Land telah berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri properti tanah air. Proyeknya beragam mulai dari landed residential, apartemen, komersial serta Mixed Use Development.Beberapa proyek yang sudah dikembangkan antara lain Gandaria Residences, Kartika Wanasari, Mustika Tigaraksa, Mustika Prakarsa, Mustika Karang Satria, Graha Mustika Media, Mustika Media Residence, Mustika Gandaria, Puri Mustika, Mustika Wanasari, Mustika Golf Residence, dan lain-lain.

Sementara, Creed Group merupakan perusahaan investasi di bidang real estat yang sudah mapan di Jepang. Kelompok usaha ini telah berinvestasi di pasar real estat yang sedang berkembang di Malaysia, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Bangladesh sejak 2012. Direktur Utama Mustika Land, David Sudjana mengatakan, kerjasama yang dilakukan adalah wujud komitmen Mustika Land untuk menghadirkan hunian berkualitas dan terjangkau di Cikarang-Bekasi.

“Saya melihat ada keselarasan visi dari Mustika Land dan Creed Group untuk membangun perumahan yang dapat memenuhi harapan konsumen untuk mendapatkan hunian yang aman, nyaman, dan tentunya memiliki prospek ke depan,” kata David dalam keterangan resminya, Sabtu (31/8). Mustika Land dan Creed Group sepakat membentuk perusahaan patungan untuk membangun kawasan rumah tapak dan produk komersial di lahan seluas 35 hektare (ha). Proyek yang diberi nama Mustika Sukamulya itu akan menelan investasi Rp 110 miliar.

Di lahan tersebut nantinya akan dikembangkan sekitar 3.300 unit rumah berbagai tipe, mulai dari 27/60 (Magnolia) dengan harga mulai dari Rp 150 juta-an dan tipe 30/60 (Marigold) dengan harga mulai dari Rp190 juta-an. Sementara, unit lainnya berupa shophouse sebagai pendukung kawasan perumahan ini. Sebagai kawasan hunian berwawasan lingkungan, Mustika Sukamulya akan dilengkapi dengan taman hijau seluas 3.000 m², danau resapan seluas 4.600 m², fasilitas pengolahan air bersih (WTP), lebar jalan utama (ROW) 14 m serta keamanan 24 jam.

“Mustika Sukamulya dirancang dengan sangat seksama untuk menerapkan keseimbangan antara komunitas sosial dan ekosistemnya. Kami menyebutnya hunian asri berkonsep SAFE atau Smart, Active, Fun dan ECO,” sebut David. Creed Group dan Mustika Land memilih untuk mengembangkan proyek di kawasan ini karena kebutuhan akan hunian disana masih sangat besar sejalan dengan meningkatnya perusahaan-perusahaan multinasional yang berinvestasi di kawasan Bekasi, khususnya Cikarang.

Saat ini tercatat ada 7 kawasan industri yang tersebar di sekitar Bekasi-Cikarang diantaranya Jababeka, Bekasi Fajar, Delta Silicon (Lippo Cikarang), Kota Deltamas, MM2100 Industrial Town, EJIP, dan BIIE (Hyundai).